HIMMAH NWDI SIAP KOLABORASI PROGRAM KETAHANAN PANGAN DINAS PERTANIAN LOTIM DI TENGAH SITUASI COVID-19

Bidang pertaniaan adalah salah satu sektor yang belum banyak digarab oleh anak-anak muda khususnya para pemuda di Lombok Timur. Padahal yang kita ketahui bersama bahwa pertaniaan adalah salah satu sektor yang paling cocok mengurangi masalah penganguran. Apa lagi Lotim adalah salah satu daerah yang sangat cocok untuk mengembangkan sistem ketahanan pangan yang berkelanjutan. Karna Lotim memiliki lahan yang subur dan ketersediaan air yang melimpah.

Pada hari ini kamis, 9 juni 2021, salah satu alumni beasiswa NTB dengan Ketua Cabang HIMMAH NWDI Lombok Timur melakukan diskusi dengan Kepala Dinas Pertaniaan Lombok Timur H.M. Adip mengenai langkah-langkan strategis dalam memberdayakan pemuda disektor pertaniaan. Muhip Abdul Majid selaku alumni beasiswa NTB dengan M. Zaini selaku ketua Cabang HIMMAH NWDI Lotim menawarkan kepada kepala dinas pertaniaan Lotim untuk menanam ubi jalar di lahan kosong yang ada di SMK NWDI Pucuk Jeringo dengan sistem mengunakan ban dan karung bekas. Menrut Muhip Abdul Majid mengatakan bahwa “ dengan sitem menanam ubiy mengunakan karung dan ban bekas ini akan menigkatkan hasil panen dan menghasilkan kualitas ubiy jalar yang baik sehingga bisa di olah menjadi bahan makanan khususnya menjadi tepung.

Tawaran kolaborasi perogram ini jugak merupakan tindak lanjut dari diskusi kader HIMMAH NWDI Cabang Lombok Timur dan salah satu alumni beasiswa NTB dengan DPR RI komisi II H.M Samsul Luthfi dua hari yang lalu di Rumah Cafe Selong, mengenai pentingnya peran para pemuda khususnya kader-kader HMAH NWDI untuk ikut aktif membantu daerah melakuakan inovasi-inovasi pemberdayaan ekonomi di tengah-tengah situasi Covid-19.

Kemudian Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur H.M. Adip merespon baik tawaran kolaborasi perogram tersebut. H.M. Adip mengatakan “ Siap mensuport dan membimbing adek-adek pemuda HIMMAH NWDI untuk menjalankan perogram ketahan pangan tersebut. Lebih lanjut H.M. Adip mengarahkan agar pemuda HIMMAH NWDI untuk membuat sebuah komunitas petani muda yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Tani HIMMAH NWDI yang nantinya bisa menjemput program-program pemberdayaan pertaniaan yang ada di daerah maupun di pusat.

Mengakhiri diskusinya H.M Adip selaku kepala dinas pertanian Kabupaten Lombok Timur berterimakasih kepada salah satu alumni beasiswa NTB dan ketua Cabang Lombok Timur sudah datang ke kantor untuk sering program yang memiliki nilai dan peluang yang besar dalam menigkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Timur khususnya di kalangan pemuda. Dia berharap semoga perogram ini cepat terealisasikan dan dijalankan, karna perogram ini memiliki tingkat keberlanjutan yang baik kalok di seriusi oleh adek-adek mudah HIMMAH NWDI.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami