Kisah Inspiratif : Ampunan Dosa Seorang Lelaki & Dewan

Diceritakan bahwa seorang lelaki dan dewan (gedung), setiap melakukan kesalahan ia mesti mencatat kesalahannya di dalam dewan tersebut, namun pada sautu hari dia pun melakukan kesalahan (dosa) dan segera pergi ke tempat (dewan) dimana dia biasa mencatatkan kelemahan yang berlaku, namun alangkah terkejutnya, semua catatan yang sudah ditulis, hilang (terhapus) tanpa bekas.

Semakin tercengang karena catatan kesalahan berganti menjadi firman Allah
فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّـهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّـهُ غَفُورًا رَّحِيمًا
Artinya: ”Dan mereka-mereka yang Allah gantikan kejahatannya dengan kebajikan, karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan kasih-sayang”. (QS. Al-Furqan:70).

Kata-kata “mengganti” bermaksud Allah telah menggantikan perbuatan Al-syirk yang dilakukan seorang lelaki dengan mencatatkan segala kelemahannya di dalam dewan (gedung) dengan perbuatan iman, dan menggantikan perbuatan dosa dengan dimaafkan dan pekerjaan maksiat dengan perbuatan taat dan terjaga dari perilaku Al-syirk dan dosa.

Cerita ini menunjukkan bahwa perilaku dosa, alfa dan salah yang kita lakukan baik dalam keadaan sadar ataupun tidak, mesti diganti dengan perilaku beriman, taat dan juga sadar akan kelemahan kita dan sadar bahwa Allah Maha Pengampun terhadap hambanya yang kembali.

Taubat dapat menghapus segala kelemahan dan kesalahan yang kita lakukan, tobat dijadikan Allah sebagai media bagi manusia agar dapat bersih kembali dalam menjalankan kehidupannya, tobat merupakan penawar dari segala macam penyakit lahir maupun batin manusia. Gunakan dan manfaatkan media ini sebaik dan sesering mungkin karena tidak ada manusia yang tidak bersalah dan alfa, manusia yang sadar dan kembali kepada fitrahnya jauh lebih baik daripada manusia yang merasa dirinya tidak pernah berbuat kesalahan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ.

Artinya; “Wahai orang yang beriman kembalilah kepada Allah dengan sebenar-benar kembali, semoga Allah mengampunkan semua kesalahan yang telah kita lakukan dan memasukkan kita ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang airnya sangat jernih.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami