Selaparang Notes (121) TUJUH KEMULIAAN SANTRI

Oleh: Abah_Rosela_Naelal_Wafa
Islam sangat menekankan setiap orang untuk menuntut ilmu. Rasulullah saw. sendiri seringkali menyampaikan keutamaan-keutamaannya sebagai motivasi bagi kita umatnya.

Selain Nabi saw., para ulama yang menjadi pewaris beliau, tidak luput pula memberikan motivasi dan dorongan agar kita memiliki gairah menuntut cahaya Ilahi.

Salah satu ulama besar yang dalam karyanya (Tanbihul ghafilin) banyak memotivasi santri ialah al-Imam Abu Laits as-Samarkandi. Kata beliau mengutip sebuah maqal:

يقال من انتهى إلى العالم وجلس معه ولا يقدر على أن يحفظ العلم فله سبع كرامات :
Dikatakan, seseorang yang pergi menuju orang alim dan duduk bersamanya, (tetapi) dia tidak mampu menghafal ilmu, maka (meski begitu) ia (tetap) memperoleh tujuh kemuliaan.

Pertama, ينال فضل المتعلمين “memperoleh keutamaan orang-orang yang belajar”.

Seperti apa keutamaan orang yang belajar atau keutaamaan sebagai santri? Untuk menjawab ini kita bisa merujuk kepada sekian banyak hadis Nabi saw. dalam banyak kitab-kitab hadis.

Di antara keutamaan yang bisa dikoleksi, adalah bahwa pelajar akan memperoleh kemudahan jalan menuju surga, mendapat naungan sayap malaikat, semua makhluk langit dan bumi memohonkannya ampunan dan lain sebagainya.

Kedua, ما دام جالسا عنده كان محبوسا عن الذنوب والخطايا “selama dia duduk bersama orang alim, selama itu ia terbebas dari dosa dan kesalahan.”

Majlis taklim adalah zona yang steril dari peluang orang melakukan dosa dan kesalahan. Adapun tempat-tempat lain di dunia ini, masih sangat berpotensi menggiring dan menjerumuskan orang ke kubangan keburukan demi keburukan.

Dan hemat saya, bahwa di luar majlis ilmu, pendukung seseorang berbuat dosa dan kesalahan bisa karena peluang dan dukungan orang lain, selain karena memang godaan nafsu dan setan.

Bukankah, kalau dalam bahasa hadis dikatakan, bahwa semua titik dunia adalah dilaknat, melainkan titik bumi yang di atasnya ada orang berzikir kepada Allah, dan –kita tahu– majlis ilmu ialah bagian dari tempat orang mengingat Allah yang sekaligus bisa memuliakan pelajarnya. (Bersambung…)

Wa Allah A’lam!
Bilekere, 26 Mei 2021 M.

Telah dibuka PSB PP. Selaparang pada lembaga-lembaga:
1. MI NW Selaparang
2. MTs. Islam Selaparang Putra
3. MTs. NW Selaparang Putri
4. MA NW Selaparang
5. SMA NW Selaparang
6. Ma’had Zainul Hafidz Selaparang

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami