HALAL BIHALAL SMP LABORATORIUM JAKARTA AJANG UNTUK SALING MEMAAFKAN

Hari ini Senin, 24 Mei 2021 pukul 07.30 – 10.30 WIB, SMP Laboratorium Jakarta mengadakan kegiatan yang sangat positif dan besar maknanya bagi kehidupan di dunia yaitu halal bihalal yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Walaupun tahun ini masih mengalami wabah pandemi, tapi tidak menjadi suatu penghalang untuk melaksanakan halal bihalal.

Pelaksanaan halal bihalal dilakukan melalui online dengan memanfaatkan jasa zoom meeting yang dipandu langsung oleh Ibu Wireka Hayati, S.Pd (guru Bahasa Inggris) sebagai hostnya dan Bapak Dwi Santoso, S.Pd (guru PAI) sebagai pembawa acara (MC)

Dalam sambutannya kepala SMP Laboratorium Jakarta Ibu Rosalina, S.Pd, M.Si mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran seluruh guru, karyawan, peserta didik dan oang tua/wali murid sehingga kegiatan ini berlangsung sangat khidmat dan memiliki kesan tersendiri. Lebih lanjut kepala sekolah sekilas memaparkan pentingnya bersilaturrahim (halal bihalal), beliau menyampaikan seperti ini;

“Sebagai makhluk sosial manusia tidak pernah lepas dari berinteraksi dengan yang lainnya. Kita saling membutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan kita tidak akan mungkin hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Karena nya penting sekali menjaga tali silaturrahim terhadap sesama di dalam kehidupan sebagai makhluk ciptaanNya. Walaupun dalam keadaan masih pandemi، kita semua tetap wajib menjalin komunikasi walaupun melalui media online seperti sekarang ini”.

“Anak-anakku semua, bersilaturrahim merupakan salah satu akhlak yang baik yang ada di dalam diri seorang muslim, yang mana Allah subhanahu Wa Ta’ala menyuruh hambaNya untuk menyambung tali silaturrahim ini sampai kapanpun tidak boleh kita mengabaikannya (QS. Ar Ra’d 21)”.

Selanjutnya taushiyah tentang hikmah halal bihalal oleh Ust. Marolah, S Ag, MM salah seorang guru di SMP Laboratorium Jakarta. Beliau menyampaikan inti dari halal bihalal itu adalah saling memaafkan. Memaafkan disini tidak hanya sekedar di mulut, tapi hati pun dengan lapang memaafkan kesalahan saudara-saudara kita.

Untuk memantapkan taushiayahnya sehingga benar-benar meresap di dalam hati, sang ustadz mengemasnya dalam bait-bait syair indah sebagai berikut;

Halal bihalal saling memaafkan
Dari segala bentuk kesalahan
Pada keluarga dan handai tolan
Dengan tulus penuh keikhlasan

Dalam kita memaafkan
Tidak cukup dengan ucapan
Mesti kita berjabat tangan
Hatipun juga dilapangkan

Minal ‘aidin kita ucapkan
Semoga kita dikembalikan
Pada fithrah dalam kesucian
Bagai bayi baru dilahirkan

Walfaizin kita ucapkan
Semoga kita dapat kemenangan
Atas segala perjuangan
Melawan nafsu selama sebulan

Walmaqbulin kita ucapan
Semoga ibadah bulan Ramadhan
Puasa, tarawih dan membaca Quran
Diterima Allahu Rahman

Itulah beberapa bait syair indah yang layak kita renungkan agar halal bihalal ini menjadi momen yang sangat berharga untuk saling memaafkan dan membangun hubungan yang harmonis kepada keluarga, guru, teman dan masyarakat sekitar.

Sebelum acara halal bihalal ditutup, pembawa acara Bapak Dwi Santoso, S.Pd menghimbau kepada seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9 untuk dapat membantu dengan memotivasi keluarga, tetangga, teman dan siapapun agar masuk mendaftarkan diri di SMP laboratorium Jakarta. Dan apabila ada yang mendapatkan siswa baru akan mendapatkan penghargaan sebagai tanda terima kasih dari sekolah. (Mar)

Bekasi, 12 Syawal 1442 H/24 Mei 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami