Dakwah TGB (79) ZAKAT FITRAH = JAMINAN KESEJAHTERAAN

Oleh: Abah_Rosela_Naelal_Wafa
Ramadan, paling tidak memiliki lima ibadah utama di dalamnya yang menjadi prioritas yakni puasa, zakat fitrah, tarawih, baca alquran dan (diakhiri) idulfitri 1 Syawwal.

Kelima macam ibadah tersebut ada dua yang wajib, yaitu puasa dan zakat fitrah. Sisanya ialah sunnah yang sangat dianjurkan.

Menariknya, dari kelima macam ibadah tersebut hanya ada satu yang secara nyata memiliki dampak “duniawi” yakni zakat fitrah. Dampak duniawi dalam makna memiliki pengaruh pada kesejahteraan umat Islam.

Dengan adanya zakat fitrah, maka tepat pada hari raya 1 Syawwal, umat Islam yang sudah berpuasa sebulan suntuk, saatnya mereka berbuka. Bahkan, hari raya ini disebut idulfitri karena inilah hari pertama kita berbuka.

Bahkan, “Fitri” seakar dari kata “ifthar” yang artinya berbuka. Nabi saw. sendiri menyebut hari raya ini sebagai يوم الأكل والشرب (hari kita makan dan minum), tentu dalam kadar yang tidak “israf” (berlebih-lebihan).

وكلوا واشربوا ولا تسرفوا .
“Makan dan minumlah kalian dengan tidak berlebih-lebihan.” (al-A’raf: 31).

Untuk itu pula –kata ulama– kita disyariatkan membayar zakat fitrah pada hari raya ini. “Setiap manusia yang bernyawa dan memiliki rezeki melebihi makanan pokoknya pada hari itu, wajib menunaikan zakat fitrah.” Kata syekhona TGB saat menjadi khatib Idul Fitri 1439 H. di IC Mataram.

Menariknya, zakat fitrah seperti yang disampaikan syekhona tidak hanya bernilai ukhrawi dalam bentuk ibadah, tetapi juga ada pesan kemanusiaan berupa menjaga kesejahteraan hidup mereka, minimal pada malam dan hari raya.

“Zakat fitrah selain sebagai ibadah, adalah cara Islam untuk memastikan agar setiap muslim pada hari raya ini dapat makan dan minum.” Tegas ulama tafsir asal Nusa Tenggara Barat tersebut dalam khutbahnya.

Karena itu, lanjut beliau– tidak boleh ada seorang pun pada hari raya ini, umat Islam yang masih berpuasa karena ketiadaan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Wa Allah A’lam!

Bilekere, 19 Mei 2021 M.

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami