TEKS MC UNTUK SHOLAT IDUL FITRI TAHUN 1442 H.

 بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَللهُ اَكْبَرُ, اَللهُ اَكْبَرُ ,  اَللهُ اَكْبَرُ, وَلِلّٰهِ الـْحَمْدُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى ، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاَيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Yang kami hormati, para alim ulama, para guru dan seluruh jamaah Masjid ………………………. (tulis nama masjidnya)

Puji serta syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya pada pagi hari ini kita masih diberikan berbagai nikmat, diantaranya nikmat Iman, Islam, sehat dan panjang umur, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di masjid yang kita cintai ini.

Selanjutnya sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada baginda Nabi besar Muhammad saw, demikian juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya. Semoga kita yang hadir di masjid yang mulia ini diperkenankan oleh Allah untuk mendapatkan syafa’at dari beliau di akhirat  nanti. Aaminn yaa robbal’aalamiin.

Hadirin jamaah sholat Idul Fitri masjid ……………………… (tulis nama masjidnya) yang kami hormati.

Sebelum kita melaksanakan shalat Idul Fitri tahun 1442 Hijriyah ini, terlebih dahulu saya bacakan susunan acara yang akan kita ikuti yaitu;

  1. Sambutan
  2. Kaifiyat Idul Fitri
  3. Shalat Idul Fitri
  4. Maaf-maafan

Acara pertama sambutan yang akan disampaikan oleh Ketua DKM Masjid …………………… (tulis nama masjidnya), yaitu Bp. ……………………… Kepada beliau kami persilahkan.

Acara kedua yaitu kaifiyat/tata cara pelaksanaan shalat Idul Fitri yang akan disampaikan oleh guru kita Ust………………………….. Kepada beliau kami persilahkan

Acara ketiga acara inti yaitu pelaksanaan shalat Idul Fitri secara berjamaah dengan para petugas yaitu;

Bilal                 : ……………………………………..

Iman & Khatib : ……………………………………..

Judul               : ……………………………………..

Kami menghimbau kepada para jama’ah, setelah shalat id dan khutbah dilaksanakan, kita bermaaf-maafan kepada saudara-saudara kita, tentu dengan tetap menjaga protocol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker secara benar.

Untuk lebih tertib dan khusyu’nya pelaksanaan shalat Idul Fitri ini, dimohon kepada para jamaah  yang membawa alat komunikasi seperti handphone untuk di nonaktifkan terlebih dahulu. Demikian juga kepada anak-anak agar dapat menjaga ketertiban dan tidak mengganggu jamaah yang lain. Kami juga memohon kepada seluruh jama’ah untuk tidak berbicara pada saat khatib menyampaikan khutbahnya.

Selanjutnya marilah sama-sama kita membaca Ummul Quran surah Al Fatihah dengan harapan semoga Allah SWT berkenan menerima seluruh amal ibadah yang telah kita laksanakan selama bulan suci Ramadhan. Demikian juga kita bacakan surah Al Fatihah kepada para dermawan yang telah menyumbangkan infaq dan shodaqohnya di masjid ini, semoga Allah membalasnya dengan limpahan barokah di dunia ini dan mendapatkan pahala berlipat ganda di akhirat nanti.

‘Alaa haadzihinniyah wa kulli niyyatin sholihah bibarokati ummil qur’an, Al Faatihah ……..

Hadirin jamaah masjid ………………………….. (tulis nama masjidnya) yang kami hormati.

Demikianlah beberapa susunan acara shalat Idul Fitri yang dapat kami sampaikan, bila ada tutur kata dan sikap yang salah, mohon kiranya dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya.

Wallohul muwaffiqu walhaadi ilaa sabiilirrasyaad

Wassalaamu’álaikum warahmatullahi wabarokatuh

Bekasi, 28 Ramadhan 1442 H/10 Mei 2021 M

Penulis : Marolah Abu Akrom

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami