NASEHAT PUASA HARI KE 19 RAMADHAN BULAN AL QURAN

Oleh : Abu Akrom

Ramadhan di sebut juga sebagai bulan Al Quran, karena di bulan Ramadhan diturunkannya Al Quran yang menjadi pedoman dan petunjuk hidup umat manusia. Itulah sebabnya mengapa Ramadhan itu jadi bulan yang sangat istimewa dan berharga bagi umat Islam, karena Al Qur’an diturunkan di bulan tersebut. Hal ini disebutkan dengan tegas dalam Al Quran surat al-baqarah ayat 185;

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Kita tidak bisa bayangkan kalau tidak ada Al Quran diturunkan di muka bumi ini, dengan cara apa kita mengenal ajaran agama kita yang luhur ini, mengetahui ajaran salat, puasa, haji umroh dan lain-lain. Termasuk juga mengetahui yang halal dan yang haram, Al Quran sudah merinci semua dengan sangat lengkap dan sempurna.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, mari kita memfokuskan diri untuk berinteraksi dengan Al Quran. Bacalah dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Khusyukkan diri dan rasakan betapa Al Quran itu benar-benar dapat menyentuh jiwa kita. Sadarlah betapa kita sangat membutuhkan bimbingan dan pengajaran dari Alquran al-karim. Oleh karena itu, jangan sampai kita sia-siakan hidup dengan hal-hal yang tidak penting. Jangan sampai kita lebih memperhatikan dunia ini daripada Al Quran. Ingatlah bahwa Al Quran itu yang akan menolong kita dari dunia sampai akhirat.

Di dunia orang yang istiqomah membaca Al Quran, hatinya akan dicerahkan, akalnya akan dicerdaskan dan dirinya akan dimuliakan. Lihatlah orang yang senantiasa berinteraksi dengan Al Quran, hidupnya sangat mulia dan dimuliakan oleh Allah, para malaikat dan orang-orang yang beriman.

Ketahuilah bahwa Al Quran itu adalah mukjizat terbesar dari nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Jangan sampai Alquran yang mengandung mukjizat ini kita abaikan begitu saja. Mari kita betul-betul menikmati indahnya Al Quran dan kita jadikan Al Quran ini sebagai pedoman dan petunjuk hidup terbaik dalam segala aspek kehidupan, agar hidup kita selalu berada pada jalan yang lurus. Jalan yang lurus itu adalah jalan yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan, kesucian dan akhlakul karimah. Kalau selama ini kita sering mengabaikan Al Quran, maka kita berniat mulai hari ini kita arahkan diri kita untuk betul-betul mau memahami, mengkaji dan mempelajari Al Quran secara serius. Kita berupaya untuk selalu mengikuti berbagai pembelajaran yang terkait dengan Al Quran, mulai dari cara membacanya, mentahsinkannya, menghafalkannya sampai kepada memahaminya.

Cintailah Al Quran melebihi cinta kita kepada diri sendiri. Bawalah nilai-nilai Al Quran itu kemanapun kita pergi, jadikan Al Quran sebagai sumber terbaik untuk mendapatkan ketenangan, kebahagiaan dan kedamaian dalam diri kita. Yakinlah Al Quran ini yang akan menuntun kita kepada jalan yang benar dan puncaknya nanti Al Quran akan memberikan syafaat di hari kiamat kepada orang-orang yang selama hidup di dunia senantiasa Istiqomah membacanya, mempelajarinya, memahaminya dan mengamalkannya dalam kehidupan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa hidup bersama Al Quran agar kita mendapatkan kemuliaan yang hakiki dari dunia sampai akhirat nanti. Aamin ya robbal alamin.

Bekasi, 19 Ramadhan 1442 H/1 Mei 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami