Kisah Inspiratif : -18- Ibadah 50 tahun Tidak dapat Menghapus Dosa Berkeluh-Kesah

Oleh ; Harapandi Dahri

Diceritakan oleh Wahb ibn Munabbah bahwa seorang nabi yang Allah ciptakan beribadah selama 50 tahun, kemudian Allah mewahyukan kepadanya; “Aku (Allah) telah mengampuni dosamu, kemudian nabi tersebut berkata; “Ya Allah mengapa Engkau mengampuniku, padahal aku tidak pernah berbuat salah (dosa dan maksiat?).
Kemudian, pada suatu malam, Allah mengutus (memberikan) keringat yang menyebabkan dia tidak dapat memejamkan matanya (tertidur) hingga waktu subuh tiba, lalu ia berkata kepada malaikat; “tadi malam saya tidak dapat tidur karena panas dan keringat yang sangat dahsyat”, lalu malaikat berkata kepadanya; “ketahuilah Allah berfirman; Ibadah 50 tahun tidak dapat menandingi dosa berkeluh kesah”.

Pengajaran yang dapat diambil dari cerita tersebut ialah; kita sebagai manusia biasa (bukan nabi), jauh lebih sering mengeluh dan ibadah yang kita lakukan tidak akan sampai 50 tahun. Dosa dan khilaf setiap hari bahkan setiap detik kita lakukan, baik yang dilakukan dengan kesadaran ataupun kealfaan, keluh-kesah terhadap segala pengalaman kehidupan juga turut menghiasi hari-hari kehidupan kita.

Akankah kita berharap diampuni Allah setelah semua apa yang kita lakukan, akankah masih tersisa pahala atau jangan-jangan dosa semakin banyak bertumpuk bagaikan Gunung Rinjani?.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami