NASEHAT PUASA HARI KE 13 RAMADHAN BULAN BERBAGI

Oleh : Abu Akrom

Kalau kita melihat kecenderungan umat Islam, bahwa di bulan suci Ramadhan ini mereka berlomba-lomba untuk berbagi entah itu dengan makanan, minuman atau dengan uangnya. Mereka berkeyakinan bahwa berbagi di bulan suci romadhon itu adalah perbuatan yang sangat mulia dan sangat besar nilai pahalanya. Semua ini mereka lakukan karena mengikuti contoh yang telah dilaksanakan oleh nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam dimana dalam sebuah hadis disebutkan, kedermawanan beliau pada bulan suci Ramadan itu melebihi kecepatan angin yang berhembus. Dari Ibnu Abbas radiyallahu anhuma:

كان النبي أجود الناس وكان أجود ما يكون في رمضان, حين يلقاه جبريل فيدارسه القرآن وكان جبريل يلقاه كل ليلة من شهر رمضان, فيدارسه القرآن, فكان رسول الله حين يلقاه أجود بالخير من الريح المرسلة

Artinya: “Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah orang yang amat dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan, saat beliau ditemui Jibril untuk membacakan Al-Qur’an. Jibril menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu membacakan padanya Al-Qur’an. Apabila Jibril ‘alaihis salam menemuinya maka beliau adalah orang yang paling ringan dalam berderma lebih daripada angin yang berhembus.” (HR. Bukhari)

Demikianlah karena betapa besar pahala yang Allah berikan bagi orang yang suka berbagi pada bulan suci Ramadan. Memang yang namanya berbagi ini pasti akan membuat hidup menjadi mulia, terhormat dan dihargai di masyarakat. Nabi kita sendiri sangat mengapresiasi orang-orang yang gemar berbagi sampai-sampai beliau bersabda dalam hadisnya yang terkenal yaitu “Al yadul ‘ulya khairum minal yadis sufla” Tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah artinya banyak memberi itu lebih baik daripada banyak meminta.

Jangan sampai ada anggapan bahwa kalau kita banyak memberi kemuliaan kita akan berkurang, bahkan harta kita akan berkurang. Justru kemuliaan seseorang itu ketika mereka mampu berbagi dan memberi kepada orang-orang yang membutuhkan. Apalagi di Indonesia ini masih banyak terdapat orang-orang yang lemah ekonominya, mereka sangat perlu mendapatkan uluran bantuan terlebih di bulan suci Ramadhan Ini kecenderungan harga kebutuhan pokok meningkat lebih mahal dari sebelumnya. Maka bagi orang-orang yang mampu hendaknya mereka terketuk hatinya membantu saudara-saudaranya yang serba kekurangan sehingga paling tidak dengan bantuan itu orang-orang lemah seperti orang miskin itu bisa menikmati indahnya Ramadhan karena mereka mendapatkan rezeki yang lebih dari biasanya.

Mari kita jadikan momen Ramadan kita tahun ini untuk banyak berbagi sekiranya kita ada kelebihan rezeki. Jangan takut untuk berbagi karena itulah cara kita untuk meraih barokah dari Allah dan juga Allah akan menggantinya dengan rezeki yang lebih banyak lagi. Aamiin.

Jakarta, 13 Ramadan 1442 H/25 April 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami