PERMADANI MENGADAKAN ANEKA LOMBA MEMPERINGATI NUZULUL QURAN

Melakukan proses pengkaderan adalah suatu upaya yang sangat mulia untuk mempersiapkan generasi umat yang siap berkiprah mengabdi di tengah-tengah masyarakat pada masa yang akan datang. Hal ini juga dilakukan oleh Persatuan Remaja dan Pemuda Masjid An Najibah (PERMADANI) yang berlokasi di Rawajaya, Pondok Kopi, Duren Sawit Jakarta Timur. Diantara bentuk pengkaderannya adalah mengadakan kegiatan aneka lomba seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), lomba adzan dan lomba mewarnai. Semua lomba ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu-Ahad, 24-25 April 2021 yang diikuti oleh 80 peserta dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Semua peserta lomba berasal dari RW 04 yang terdiri dari 7 RT yang ada di tempat tersebut.

Seluruh peserta lomba mendengarkan arahan dari panitia

Hari ini Sabtu 24 April 2021 pukul 16.00 WIB diadakan dua mata lomba yaitu musabaqah Tilawatil Quran dan Musabaqah Hifdzil Quran. Adapun yang menjadi dewan juri untuk Musabaqah Tilawatil Quran adalah Ust. Andri Saputra, S.Pdi dan Ust. Marolah, S.Ag, MM. Sedangkan untuk lomba Musabaqah Hifdzil Quran jurinya adalah Ust. Basirun dan Ust. Rasyid. Semua dewan juri melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, cermat dan teliti, sehingga dapat menetapkan para juara 1, 2 dan 3 secara adil dan proporsional.

Dewan juri melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, teliti dan cermat

Menurut ketua panitia yaitu Abdullah, S.Kom ketika diwawancara oleh media sinar5News.com menyampaikan bahwa tujuan diadakan lomba sebagaimana dipaparkan pada awal tulisan ini yaitu sebagai upaya pengkaderan bagi generasi dalam rangka mempersiapkan calon-calon pemimpin yang siap berkiprah di tengah masyarakat. Khusus lomba adzan yang meraih juara nanti akan diberikan hak atau kepercayaan oleh pengurus Masjid An Najibah untuk menjadi muadzin setiap tiba waktu salat fardu yang ditunaikan.

Seluruh peserta dengan semangat dan antusias mengikuti lomba

Berdasarkan pantuan dari media sinar5News.com terlihat sekali para peserta yang hadir mengikuti kegiatan lomba ini menunjukkan semangat dan antusias menampilkan kemampuannya sesuai dengan bidang lomba yang diikuti. Perlu diketahui bahwa lomba memperingati Nuzulul Quran ini adalah lomba yang rutin di lakukan setiap tahun. Namun dua tahun belakang ini sempat vakum karena adanya wabah virus Corona juga karena kendala-kendala yang lainnya.

Untuk tahun depan sebagaimana yang disampaikan oleh ketua panitia, bahwa kegiatan aneka lomba tidak hanya diikuti oleh peserta dari RW 04, juga akan dibuka untuk umum tingkat wilayah kecamatan Duren Sawit dan sekitarnya. “Kita berharap kegiatan lomba seperti ini akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas pemahaman keagamaan khususnya yang terkait dengan Al Qur’anul Karim”, tandas ketua panitia.

Semoga masjid An Najibah senantiasa dapat mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti lomba memperingati Nuzulul Quran ini demi terbentuknya generasi yang Qurani, aamiin (Mar)

Bekasi, 12 Ramadhan 1442 H/24 April 2021

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami