Kisah Inspiratif : -17- Aku Takut Kepada Allah Kemiskinan seorang Ahli Ibadah

Oleh : Harapandi Dahri
Diceritakan bahwa terdapat seorang ahli ibadah dari Bani Israil, ia memiliki tanggungan keluarga yang sedang ditimpa kelaparan yang sangat dahsyat, kemudian dia mengutus istrinya untuk meminta sesuatu kepada tetangganya. Kemudian istri pergi menuju ke sebuah rumah pedagang kaya dan meminta sesuatu yang dapat mengatasi kesulitan hidupnya dan keluarga. Sang pedagang menyanggupi permintaannya dengan satu syarat agar ia menyerahkan dirinya untuk tidur bersama.

Perempuan tersebut diam lalu kembali ke rumahnya, namun ketika melihat keluarganya yang hampir mati kelaparan, akhirnya dia pun kembali kepada pedagang kaya tersebut dan bercerita tentang kehidupan keluarganya, pedagang itu pun berkata; apakah kamu sanggup menerima tawaran yang sudah aku berikan, perempuan itu mengatakan; ”ya, tidak masalah”.

Ketika sedang bersama-sama dalam sebuah kamar tidur, lantas perempuan tersebut menggigil ketakutan sehingga membuat pedagang kaya itu terjatuh dari atas tubuhnya, seraya berkata; “Ada apa denganmu?” Perempuan itu berkata; “Aku sangat takut kepada Allah”. Pedagang itu kemudian berkata; “engkau takut kepada Allah padahal kondisi keluargamu dalam kepayahan, karena itu aku–sebenarnya—lebih berhak untuk takut kepada Allah daripada dirimu, akhirnya ia menjauh dari perempuan dan tipu daya setan dengan memberikan bantuan untuk memenuhi segala keperluan keluarganya, akhirnya perempuan itu kembali ke rumahnya dengan membawa makanan dan minuman untuk keluarganya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mewahyukan kepada Nabi Musa Alaihissalam untuk menyampaikan bahwa Allah telah mengampunkan segala dosa orang itu. Kemudian Nabi Musa pergi ke tempat laki-laki tersebut dan berkata; “Kemungkinan engkau telah melakukan perkara baik antara engkau dan Allah, pedagang itu menceritakan kisahnya dan Nabi Musa berkata; “ Sesungguhnya Allah telah mengampukan segala dosa yang engkau lakukan”.
Pengajaran yang dapat diambil dari kisah tersebut ialah;
Pertama; kemiskinan jika kekuatan iman tak lagi ada, maka dapat menjadikan orang untuk melakukan perbuatan yang dilarang Allah dan rasulNya.
Kedua; segala kesulitan jika dihadapi dengan penuh kesabaran pasti ada jalan keluarnya
Ketiga; jika orang miskin dapat takut kepada Allah, mengapa orang-orang kaya yang sudah diberikan nikmat lebih banyak tidak dapat berbuat demikian?
Keempat; kewajiban orang-orang yang kaya untuk memberikan sebagian hartanya kepada fakir miskin.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami