NASEHAT PUASA HARI KE 10 MANFAAT PUASA SEGI ROHANI DAN JASMANI

Oleh : Abu Akrom

Semua ibadah dalam agama Islam mengandung manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita baik di dunia ini, lebih-lebih di akhirat nanti. Termasuk ibadah puasa yang sedang kita laksanakan ini juga mengandung banyak manfaat baik dari segi rohani maupun jasmani. Dari segi rohani seluruh dosa kita diampuni, rahmat Allah turun secara sempurna dan kita terbebas dari belenggu setan yang selama ini membelenggu iman kita. Bagi orang yang benar niatnya dan benar juga cara berpuasa akan merasakan suasana batin yang benar-benar nikmat dan bahagia yang susah digambarkan dengan kata-kata.

Maka laksanakanlah puasa ini sepenuh hati, tanpa ada unsur keterpaksaan sedikitpun. Agar puasa yang kita laksanakan ini berdampak positif bagi terbentuknya pribadi yang bertaqwa sebagai target utama diwajibkan berpuasa. Karena pada kenyataannya banyak orang berpuasa tidak mendapatkan nilai apapun, kecuali hanya merasakan haus dan lapar.

Diantara penyebab puasa tersebut tidak berdampak apa-apa bagi peningkatan ketaqwaan selama bulan Ramadan adalah karena tidak bisa menjaga sikap dari dusta, perkataan sia-sia dan maksiat lainnya. Dan ini banyak kita jumpai selama bulan Ramadhan, padahal mereka dalam keadaan berpuasa. Ketahuilah hakekat puasa itu bukan hanya menahan nafsu dari keinginan makan dan minum, tapi lebih dari itu kita menahan lisan dan perbuatan untuk tidak melakukan perbuatan yang tercela, sehingga puasa kita tahun ini adalah puasa yang terbaik bila dibandingkan dengan puasa tahun-tahun sebelumnya.

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَ فَلْتَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan sia-sia dan keji. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”. (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

Manfaat puasa dari segi jasmani menurut para ahli baik dibidang kesehatan maupun kejiwaan, ternyata puasa ini akan membuat badan menjadi lebih sehat dan jiwapun menjadi lebih rileks. Dikutip dari Al-Jazeera, para ahli menyebut puasa dapat mencegah penyakit seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan obesitas, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan tubuh. Dengan tidak mengonsumsi apapun, tubuh kita bisa berkonsentrasi untuk membuang racun dan mengistirahatkan sistem pencernaan.

Subhanallah, demikianlah pengakuan jujur dari para ilmuan tentang mukjizat puasa yang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Ternyata puasa ini tidak hanya mengejar nilai pahala yang kita dapatkan di akhirat nanti, tapi puasa ini juga menjadikan tubuh jasmani kita menjadi sehat dan bugar selama hidup di dunia.

Jakarta, 10 Ramadhan 1442 H/22 April 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami