NASEHAT PUASA HARI KE 5 RAMADHAN BULAN ISTIMEWA

Oleh : Abu Akrom

Dalam perjalanan hidup manusia senantiasa melewati hari, pekan, bulan dan tahun. Dalam Islam masing-masing perjalanan hidup tersebut memiliki keunggulan dan keistimewaan tersendiri yang mesti kita perhatikan dan pahami dengan sebaik-baiknya, agar tercapai hidup penuh bahagia dari dunia hingga akhirat nanti. Dalam satu hari ada shalat lima waktu, dalam satu pekan ada shalat jumat, dalam satu bulan ada puasa tengah bulan dan dalam satu tahun ada puasa di bulan Ramadhan.

Alhamdulillah saat ini kita berada di bulan Ramadhan, bulan istimewa yang sangat kita nanti-nantikan kedatangannya semenjak 11 bulan yang lalu. Bulan Ramadhan itu ibarat tamu istimewa, ketika datang tamu tersebut tentu kita sambut dengan penuh suka cita, senang dan riang gembira. Kalau kita kedatangan tamu istimewa lalu kita perlakukan secara istimewa, maka kitapun akan ikut menjadi istimewa. Demikian juga kalau kita mengistimewakan bulan Ramadhan ini, maka kitapun akan ikut menjadi istimewa dengan segala kebaikan yang ada di dalamnya.

Dinamakan Ramadhan bulan istimewa karena dalam bulan ini diturunkannya kitab suci Al Quran, diwajibkan berpuasa dan terdapat malam kemuliaan yang disebut lailatul qadar. Saking istimewa dan mulianya bulan Ramadhan ini sampai-sampai pahala amal yang kita lakukan dilipat gandakan nilai pahalanya. Amalan sunnah pahalanya seperti amalan wajib dan amalan wajib seperti puasa dilipat gandakan pahalanya menjadi tak terhingga, hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Hal ini sesuai apa yang disabdakan oleh Nabi kita Muhammad SAW;

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

“Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.” (HR. Muslim no. 1151)

Dengan memperhatikan hadits tersebut, bahwa seluruh amal kebaikan yang kita lakukan itu mendapatkan apresiasi berupa pahala hingga mencapai tujuh ratus kali lipat, kecuali ibadah puasa yang kita lakukan di bulan Ramadhan, maka Allah sendiri yang langsung memberikan pahalanya. Ternyata ibadah puasa itu adalah amal yang paling utama dan istimewa bila dibandingkan dengan amal-amal lainnya. Maka orang-orang yang benar-benar memiliki kemantapan iman di dalam hati senantiasa bersungguh-sungguh menunaikan ibadah puasa sebulan penuh lamanya, kemudian disempurnakan dengan ibadah-ibadah lainnya seperti membaca Al Quran penuh khusyu’, shalat tarawih setiap malam, i’tikaf di masjid dan suka berbagi kepada sesama sesuai dengan kemampuan yang ada. Semua amalan penyempurna ini akan menjadi faktor pendukung untuk mendapatkan derajat taqwa di sisi Allah SWT, sebagaimana yang dicantumkan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183.

Bekasi, 5 Ramadhan 1442 H/17 April 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami