Dakwah TGB (65) TIGA PENYEBAB KEMULIAAN RAMADAN

Oleh: Abah_Rosela_Naelal_Wafa
Alhamdulillah, kita bertemu kembali dengan ramadan, bulan yang teramat mulia (semoga bertemu ramadan berikutnya). Mudah-mudahan kemuliaannya melekat pada diri kita, dan pada finishnya kita memperoleh gelar muttaqin. Amiin.

Untuk menggambarkan kemuliaan ramadan, syekhona TGB mengutip penggalan sebuah hadis berikut (versi lengkapnya), yakni:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم رغم أنف رجل ذكرت عنده فلم يصل علي ورغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له ورغم أنف رجل أدرك عنده أبواه الكبر فلم يدخلاه الجنة .

Rasulullah saw. bersabda: “Celakalah seseorang yang mendengar namaku disebut di sisinya, lalu dia tidak bersalawat kepadaku. Celakalah seseorang yang memasuki ramadan sampai selesai, sementara dirinya tidak memperoleh ampunan. Dan celakalah seseorang yang kedua orang tuanya berusia lanjut, tapi keduanya tidak dapat memasukkan dirinya ke surga.” (HR. Imam Tirmizi).

Hadis ini menggambarkan, betapa mulianya bulan ramadan. Berusahalah meraih ampunan padanya.

Karena itu, syekhona TGB mengajak kita memperhatikan penjelasan para ulama. Di mana ramadan itu mulia karena –minimal– tiga hal:

Pertama, karena pada bulan ramadan Allah swt. menurunkan alquran yang mulia. Syekhona mengutip:

شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان . الآية .
“Bulan ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)….” (QS. Al-Baqarah: 185).

Mendengar penjelasan syekhona TGB al-Hafidz ini, mengingatkan saya akan sebuah vidio yang saya tonton ramadan tahun lalu. Vidio tersebut mengulas tentang kehebatan dan kemuliaan alquran. Apa saja yang berkaitan dengan kitab suci ini, maka yang terkait itu menjadi sangat mulia.

“Alquran yang mulia adalah kalam Allah Yang Maha Mulia. Alquran turun melalui malaikat Jibril, maka ia menjadi malaikat paling mulia. Alquran turun pada bulan ramadan, maka ia menjadi mulia sebagai penghulu bulan. Alquran turun kepada Nabi Muhammad saw., maka beliau menjadi sayyidul anbiya walmursalin (nabi-rasul paling mulia). Maka, kalau kita ingin menjadi mulia, lekatkanlah diri ini dengan kitab mulia itu.” Demikian lebih kurang isi vidio tersebut.

Kedua, ramadan mulia karena dilirik dari sisi waktu. Kalau waktu-waktu di luar ramadan, masih ada pilihan-pilihan waktu yang istimewa. Misalnya, sepertiga malam terakhir itu lebih istimewa dibanding waktu yang lain. Bakda atau qabla subuh juga seperti itu. Demikian pula antara azan dan iqomah.

Namun, tidak demikian klasifikasi waktu pada bulan ramadan. Justru, pada keseluruhan waktunya mulia dan istimewa, tanpa ada pengecualian sedikit pun. Dua puluh empat jam alias full time, the best. Semua terbaik, termulia dan teristimewa.

“Kalau di luar ramadan itu ukuran waktunya antara yang istimewa dengan tidak. Tetapi, kalau pada bulan ramadan, tidak lagi demikian, sebab semua waktunya istimewa. Dan di atas semua yang istimewa-istimewa itu ada yang paling istimewa.” Demikian kata syekhona Al-Hafidz.

Terakhir yang ketiga, ramadan menjadi mulia –kata ulama dikutip syekhona TGB– karena di dalamnya ada ibadah الصوم atau الصيام (puasa). Puasa adalah suatu ibadah yang ganjaran pahalanya sungguh menakjubkan.

Ulama muda alumnus Al-Azhar Cairo Mesir tersebut menerangkan, bahwa ibadah-ibadah lain, ganjaran-ganjarannya ada yang kelipatan 10 kali sepeti membaca alquran, 700 kali seperti bersedekah, atau ada yang balasannya “bighairi hisab” tak terhitung. Tetapi, puasa tidak demikian. Justru, ibadah puasa memiliki balasan super istimewa yang dibahasakan dalam hadis qudsi sebagai;

كل حسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به .

Demikian hadis yang saya kutip dalam kitab Ihya Ulumiddin jilid 1 halaman 324, cet. Beyrut. Terlihat di sana hadis tersebut berasal dari Abu Hurairah ra. Alhamdulillah shahih!

Wa Allah A’lam!

Bilekere, 14 April 2021 M.

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami