KEGIATAN MALAM NISHFU SYA’BAN MUSHALLA ALIMUDDIN NW BANGKET LAUK, DESA SIKUR, LOTIM, NTB Oleh : Muhammad Nasrin (Santri MDQH NW Anjani)

Alhamdulillah tahun ini kita semua diberikan kesempatan bertemu dengan Bulan Sya’ban, dimana pada bulan ini jama’ah Mushalla Alimuddin NW Bangket Lauk, Desa Sikur, Kecamatan Sikur. Lombok Timur, NTB khususnya para santri bersama jama’ah sekitar mushalla dapat melaksanakan kegiatan Nishfu Sya’ban dengan khusyu’, khidmat dan tertib. Kegiatan malam nishfu Sya’ban ini senantiasa rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai tradisi yang sangat positif untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadhan.

Malam nishfu Sya’ban disebut juga malam maghfirah atau malam pengampunan. Dikatakan malam pengampunan, karena pada malam ini, Allah SWT memberikan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi. Terutama bagi hamba yang beriman dan beramal saleh. Tetapi bagi orang yang menyekutukan Allah SWT (musyrik) dan didalam hatinya ada kebencian, kedengkian dan kemuanfikan (musyahin), tidak akan diampuni. Demikian hadits Nabi Riwayat imam Ath Thabrani.

Para santri dan jama’ah dengan khusyu’ membaca Yasin

Untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT pada bulan Sya’ban ini, diantara upayanya adalah dengan banyak membaca istigfar, berdzikir, berpuasa sunnah, qiyamullail dan membaca Al Quran. Khusus malam nishfu Sya’ban setelah shalat magrib berjama’ah dan shalat sunnah biasanya kita membaca surah Yasin secara berjama’ah sebanyak tiga kali dengan niat, semoga Allah menganugrahkan kepada kita umur yang panjang, diberikan rizki yang banyak dan ditetapkan hati kita dalam iman dan Islam.

Menurut Imam Al Ghazali bahwa bulan sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan). Pada malam ke 13 dari bulan Sya’ban Allah SWT memberikan sepertiga syafaat kepada hamba-Nya. Pada malam ke 14 seluruh syafaat itu di berikan secara penuh dan sempurna. Dan pada malam ke 15 umat islam akan mendapatkan banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan seluruh amal selama satu tahun, karena pada malam ke 15 bulan sya’ban ini catatan perbuatan manusia penghuni bumi akan dinaikkan kehadapan Allah SWT.

Penulis bersama Ust. Maroan sebagai pimpinan Mushalla Alimuddin NW Bangket Lauk

Kita berharap semoga Allah SWT memberikan kita umur yang panjang, sehat, dijauhkan dari malapetaka, penyakit dan musibah-musibah lainnya. Dan semoga kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang sudah berada di ambang pintu. Ketika kita bertemu dengan Ramadhan nanti, mari kita mengisinya dengan banyak mendekatkan diri kepada Allah melalui shalat tarawih dan tadarus Al Quran di mushalla, masjid dan pondok pesantren.

Di mushalla Alimuddin NW Bangket Lauk sendiri akan berusaha secara maksimal untuk memanfaatkan moment puasa Ramadhan nanti dengan shalat berjama’ah, shalat tarawih dan tadarus Al Quran. Para santri di mushalla ini akan terlibat untuk ikut menyemarakkan bulan suci Ramadhan bersama para jama’ah yang ada di sekitar mushalla.

Bangket Lauk, 15 Sya’ban 1442 H/29 Maret 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami